Panitia Bukan Hanya Dihukum, Tetapi Perlu Reward

RAJMAN AZHAR, Kota Manna
Bertempat di aula Reptaloka Pemkab BS, Bagian Administrasi Pembangunan Setkab BS menggelar Sosialisasi Perpres No 54 Tahun 2010 tersebut dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dari berbagai SKPD serta Asosiasi Barang dan Jasa.

Ini dilakukan supaya PNS tidak takut lagi menjadi pejabat dalam proyek pengadaan dan jasa lebih bisa menjelaskan apa yang sering menjadi multi tafsir dalam Kepres 80 Tahun 2003.

Robby Darmawan selaku narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menyampaikan, latar belakang perubahan aturan itu antara lain efesiensi belanja negara dan persaingan sehat melalui pengadaan barang/jasa pemerintah belum sepenuhnya teruwujud.

Lalu sistem pengadaan barang/jasa belum mampu mendorong percepatan pelaksanaan belanja barang dan belanja modal dalam APBN atau APBD.

Kemudian perlu mendorong terwujudnya reward dan punishment yang lebih baik dalam sistem pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Misalkan mengupayakan insentif yang wajar kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) atau unit layanan pengadaan (ULP). Kemudian memberikan jamninan sanggahan banding serta penegasan kepada aparat hukum kapan mereka bisa masuk dalam kasus pengadaan,” katanya.

Kemudian pengadaan barang dana jasa bisa dilakukan secara swakelola serta bisa diusulkan standar biaya khusus (SBK) untuk pelaksanaan swakelola.

“Seyogyanya kalau pengadaan swakelola maka harus lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa pihak ketiga,” katanya lagi.

Hanya saja, kemarin berdasarkan data dari panitia perwakilan dari Dinas PU tidak ada yanng hadir, padahal yang banyak berkecimpung dalam pengadaan barang dan jasa ini adalah Dinas PU. (**)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: