Langgar Keppres 80/2003, 80 Rekanan Sanggah Tender Dinas PU Langkat

MEDAN – Ketua Gapensi Langkat, Azharuddin Harahap, mengatakan, sedikitnya 80 rekanan sepakat membuat sanggahan atas Penetapan Pemenang Lelang No 602.1.1132/DPU-LKT/2010 tanggal 5 Agustus 2010.

Menurutnya, kesepakatan membuat sanggahan itu dipicu arogansi tindakan Panitia Tender, menentukan pemenang tender, hanya berdasarkan Arahan Langkat I (Bupati-red), yang dengan sengaja melanggar Keppres No 80 tahun 2003.

“Itulah arogansi yang dilaksanakan panitia tender, ini dapat dibuktikan dengan adanya permintaan Panitia dan kepala Dinas PU Langkat agar rekanan yang menawar lebih rendah menerima untuk dikalahkan, karena telah diarahkan dan diposisikan oleh Langkat I,” ujar Azharuddin yang akrab dipanggil bang Zahar, hari ini, kepada wartawan di Medan.

Sementara lanjut Bang Zahar, harga yang terendah dan responsive serta menguntungkan negara tidak menjadi perhatian panitia. Tidak satupun penawaran yang bukan arahan ditetapkan sebagai pemenang walaupun harganya terendah dan tanpa kesalahan.

“Seperti jawaban sanggahan CV ADPON No 15/PAN-II/S/DPU-LKT/2010 yang ditandatangani Kepala Dinas Pekerjaan Umum Langkat Ir Bambang Irawadi, pada paket proyek pembuatan parit beton jalan gotong royong sepanjang 500 M di Kecamatan Sei Lepan (PSD 18) terdapat 4 perusahaan penawar dan dalam pembukaan penawaran dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan untuk dilakukan evaluasi penawaran,” tambah Zahar.

Namun pada jawaban sanggahan tersebut, CV ADPON yang digugurkan (tidak menjadi pemenang) namun tidak disebutkan kesalahan penawaran CV ADPON.

“Tentu saja ini mencerminkan panitia menggugurkan atau memenangkan perusahaan tidak dengan dasar yang kuat,” jelas Bang Zahar.

Ironisnya, pemenang tender yang diarahkan semua penawarannya dikerjakan oleh panitia lelang, sehingga penurunan harga dari HPS berkisar 0.35% s/d 1% dari HPS saja. Sehingga Nuansa KKN sangat kental.

“Bahkan, diantara perusahaan yang diarahkan sebagai pemenang tersebut rata-rata tidak lengkap dokumennya, tetapi entah setan apa yang merasuki di pengumuman, dokumen mereka menjadi lengkap,” ujar Zahar. [hmt]

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: