Dephan AS: Perusahaan Kontraktor Militer AS Kebal Hukum

Amerika Serikat telah memberikan kekebalan hukum dari tuntutan hukum kepada beberapa kontraktor militer mereka di luar negeri dalam upaya untuk membebaskan mereka dari kewajiban jika mereka digugat.

Menurut dokumen yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan AS pada hari Kamis kemarin (2/12), lebih dari 120 kontrak militer termasuk klausul ganti rugi, yang diperlukan Pentagon untuk mengambil celah penyelamatan jika kontraktor tersebut dituntut.

Perusahaan penerbangan, termasuk Continental dan United, dan kontraktor militer seperti Raytheon Missile Systems, General Dynamics, L3, Lockheed Martin, BAE, dan Boeing, berada dalam daftar kontraktor yang mendapat hak kekebalan.

Informasi ini dirilis dalam menanggapi penyelidikan Kongres, yang menyelidiki ganti rugi dari Kellog Brown Root (KBR) oleh Pentagon terkait mengenai dua tuntutan dalam perang Irak, Huffington Post melaporkan.

Gugatan mengklaim bahwa anak perusahaan Halliburton telah sengaja membiarkan tentara terkena bahan kimia penyebab kanker di Irak yang dilanda perang.

Laporan Pentagon itu termasuk sedikit informasi, namun menurut militer AS, sejauh ini, $ 646,351.50 telah dibayarkan kepada pembuat vaksin-anthrax untuk menutupi biaya dua tuntutan yang diajukan oleh tentara AS yang mengklaim kecewa oleh vaksin yang dibuat perusahaan.

Kontraktor AS yang beroperasi di Irak yang dilanda perang dan Afghanistan telah dituduh melanggar hukum dan hak asasi manusia di kedua negara itu, termasuk membunuh warga sipil dan keterlibatan dalam kegiatan ilegal. (fq/prtv)

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: