Gubernur Ancam Polisikan Kontraktor Scout Camp

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf memberikan batas waktu (deadline) satu hari kepada kontraktor yang mengerjakan berbagai fasilitas di Seulawah Scout Camp yang dijadikan lokasi Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010. “Paling lama Minggu (28/11), kontraktor harus selesaikan 95 persen. Jika tidak selesai, saya tidak segan-segan melaporkan ke polisi. Saya juga akan black list kontraktor-kontraktor tersebut,” tandas Irwandi. Pernyataan tegas tersebut disampaikan Gubernur Irwandi Yusuf ketika meninjau bumi perkemahan yang berlokasi di Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie tersebut. Menurut Irwandi, Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 dijadwalkan mulai Senin (29/11), sedangkan pembukaan oleh Presiden SBY, Selasa (30/11).

Menurut Irwandi, pembangunan Bumi Perkemahan Seulawah melalui proses tender karenanya pihak kontraktor berkewajiban menyelesaikan sesuai perjanjian. Hingga H-2, pembangunan baru selesai sekitar 80 persen, terdiri lapangan upacara, guest house, tribun utama, akses jalan, dan waduk penampung air. “Yang lain masih dalam tahap pengerjaan, termasuk lokasi tempat tenda para peserta perkemahan,” katanya. “Paling lama Minggu, kontraktor harus selesaikan 95 persen. Jika pembangunan ini tidak selesai pada waktunya, saya tidak segan-segan melaporkan kontraktor ke polisi,” lanjutnya, menegaskan.

Berdatangan
Sejak H-2 kemarin, kontingen Pramuka dari sejumlah daerah di Aceh, termasuk dari berbagai provinsi di Indonesia mulai berdatangan ke Aceh, baik melalui jalur udara maupun darat. Menurut laporan yang diterima Ka Kwarda gerakan Pramuka Aceh Muhammad Nazar, hingga sore kemarin tercatat kontingen yang sudah berada di Aceh dan segera memasuki Seualawah Scout Camp antara lain dari Sulawesi Tenggara, Belitung, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat. Sedangkan dari Aceh, antara lain kontingen Pidie, Kota Langsa, dan sebagian dari wilayah barat-selatan. “Semoga semuanya berjalan sebagaimana kita rencanakan,” kata Nazar yang juga Wakil Gubernur Aceh.

Menurut Nazar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hampir bisa dipastikan membuka Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 di Seulawah Scout Camp. Kegiatan itu akan berlangsung sejak 29 hingga 6 Desember 2010. Sedangkan penutupan dijadwalkan oleh Wakil Presiden, Boediono. Hampir 10.000 Pramuka dari seluruh Indonesia, negara Asean dan Timur Tengah akan mengikuti even tersebut.

Tanam pohon
Sebanyak 5.000 pohon ditanam di Seulawah Scout Camp yang merupakan bagian dari program penanaman 1 miliar pohon di Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 1,9 juta pohon di antaranya yaitu trembesi, pilicium, flamboyant, dan mahoni sudah ditanam di Aceh, termasuk tumbuhan coklat yang ditanaman oleh masyarakat. Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda), Aceh, Ir Husaini Syamaun mengatakan, penanaman pohon di Seulawah Scout Camp untuk menghijaukan lokasi perkemahan sekaligus melindungi sumber air untuk kehidupan.(c47)

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: