Aceh undang investor pertanian

BANDA ACEH – Pemerintahan Aceh mengundang pihak swasta untuk berinvestasi di bidang industri pertanian, khususnya membangun penggilingan padi modern, mengingat produksi bahan kebutuhan pokok di provinsi itu mengalami surplus.

“Dengan adanya penggilingan padi modern, diharapkan akan bisa menghasilkan beras dengan kualitas tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Aceh,” kata Asisten II Pemerintahan Aceh, T Said Musafa, pagi ini.

Disebutkan, berhentinya operasi penggilingan padi ini dikarenakan kontrak kerja sama operasi dengan rekanan sudah diputus. Untuk membangun penggilingan padi tersebut dana yang telah dikeluarkan cukup besar mencapai Rp30 miliar.

Sedangkan untuk pengoperasiannya, ratusan juta telah disalurkan, tapi kegiatannya tetap saja belum memuaskan dan memberikan keuntungan bagi pemerintah. “Dalam waktu dekat ini kita pun akan melakukan lelang operasi kembali kepada pihak swasta yang bisa menjalankan usaha kilang padi pemerintah secara profesional,” ujar Said.

Pemerintah Aceh, tambahnya kini terus mengundang pihak swasta untuk mau berinvestasi di bidang industri pertanian ini. “Saat ini memang sangat dibutuhkan pihak swasta yang mau berinvestasi membangun kilang padi modern, sehingga pemenuhan kebutuhan beras di kalangan masyarakat,” katanya.

Akibat tak adanya kilang padi yang representatif, banyak petani Aceh yang menjual gabahnya ke luar daerah, sehingga harga jual beras meningkat. Bahkan harga gabah di daerah sentra produksi.

Seperti halnya di Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara, Bireuen, dan Kabupaten Aceh Timur mencapai Rp5.600 perkilogram hingga Rp5.800 perkilogram di atas harga beli tertinggi pemerintah yang menetapkan angka Rp5.400 perkilogram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: