LPJKD Tolak Surat Edaran Menteri PU

Bandung – Kaukus LPJKD (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah) se Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan daril9 provinsi, sepakat menolak aturan yang membolehkan penggunakan SBU (sertifikat badan usaha), SKA (sertifikat keahlian kerja), dan SKT (sertifikat ketrampilan kerja) yang sudah habis masa berlakunya, untuk tetap bisa mengikuti pelelangan.

Aturan yang tertuang dalam SE (surat edaran) Menteri PU no. 15/SE/M/2010 tanggal 23 November 2010 tersebut dinilai cacat hukum dan kontraproduktif dengan upaya-upaya pengembangan jasa kontruksi (jaskon) yang sudah dilakukan selama ini.

” Sertifikasi itu esensinya adalah menunjukan kompetensi seseorang atau perusahaan dalam pekerjaan di suatu bidang, bukan hanya selembar kertas. Jika SBU, SKA, dan SKT yang sudah tidak berlaku tetap bisa digunakan, sama saja dengan pengabaian kompetensi,” ujar Ketua LPJKD Sumut, Murniati Pasaribu, dalam pertemuan ke VW, Kaukus LPJKD Se Indonesia, di hotel Savoy Homman Bidakara, Bandung, pekan lalu.

Dijelaskan, kompetensi dalam waktu-waktu tertentu perlu dilakukan peninjauan ulang, untuk mengetahui apakah masih kompeten atau tidaknya. Misalnya untuk SBU setiap tiga tahun harus melakukan perpanjangan dengan beberapa pengujian ulang, sehingga diketahui perusahaan tersebut kompetensi tetap bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara Koordinator Kaukus LPJKD Se-indonesia, yang juga merupakan Ketua LPJKD Jabar, Indrato, mengatakan Kaukus menyepakati SBU yang diterbitkan tahun 2008 (yang habis masa berlakunya tahun ini) wajib melakukan perpanjangan. Sedangkan SBU 2009 dan SBU 2010 wajib melakukan her-registrasi.

“Berkaitan dengan hal tersebut kami sepakat untuk segera mengirim beberapa surat diantaranya kepada Menteri PU dan LPJ KN. Hasil kesepakatan ini, juga akan disampaikan kepada pemangku kepentingan di daerah masing-masing, Kamipun menyepakati mengagendakan audiensi dengan Menteri PU, Komisi V DPR-RI, dan Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan,” katanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: