Bina Marga, Uji Coba Tender Sistem Elektronik di Lhoksemawe

LHOKSEUMAWE- Dinas Bina Marga Kabupaten Aceh Utara tahun 2011 akan melakukan uji coba pelelangan dengan sistem elektronik. Hal ini untuk menindak lanjuti perpres no.54 tahun 2010 tentang himbauan pengadaan secara elektronik (LPSE). Sedangkan di Kabupaten Aceh Utara sendiri saat ini telah memiliki unit LPSE itu sendiri.


Menurut kepala dinas Bina Marga Aceh Utara, Ir.M.Tanwier, mulai tahun 2011 ini pihaknya akan melakukan uji coba tender proyek dengan sistem elektronik. Sebab ini merupakan tuntutan dari perpres, yakni mulai tahun 2011 semua insatansi disarankan membuka pelelangan melalui LPSE. Sedangkan tahun 2012 semuanya sudah diwajibkan membuka pelelangan dengan sistem elektronik ini.

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di berbagai instansi dan pemerintah daerah untuk melayani Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau Panitia/Pokja ULP Pengadaan. Untuk Aceh Utara unit kerja itu nantinya akan berada di Kantor Bupati Aceh Utara. Sehingga panitia pelelangan dan juga rekanan harus mendaftarkan diri pada LPSE saat mengikuti lelang.

LPSE itu sendiri melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja LPSE yang bersangkutan. LPSE berada di bawah pengawasan LKPP cq Deputi Bidang Monitoring, Evaluasi, dan Pengembangan Sistem Informasi. Sedangkan saat ini tahapan sosialisasi sedang dilakukan pihaknya. termasuk nanti pada saat pendaftaran akan diberikan pelatihan gratis kepada rekanan.

“Tahun ini kita sudah mulai melakukan uji coba membuka pengadaan dengan sistem eletronik. Semua proses pengadaan tidak lagi dilakukan seperti biasanya. Dimana para rekanan dan panitia dapat bertemu secara langsung. Tapi dengan sistem eletronik atau E-procurement ini harus dilakukan dengan sistem internet Mulai dari tahapan pendaftaran hingga proses sanggahan setelah pengumuman lelang,” ungkap Tanwier.

Sambungnya, tujuan dari penerapan perpres ini tidak lain agar, pengadaan barang/jasa akan meningkatkan transparansi. Sehingga persaingan sehat antar pelaku usaha dapat lebih cepat terdorong. Dengan demikian optimalisasi dan efisiensi belanja negara segera dapat diwujudkan.

“Intinya semua pengadaan akan kita lakukan dengan sistem eletronik. Ini bukan kemauan kami, tapi amanat dari peraturan dan berlaku seluruh Indonesia,”ujarnya.

One Comment to “Bina Marga, Uji Coba Tender Sistem Elektronik di Lhoksemawe”

  1. Salam kenal dan salam persaudaraan. Apa kabarnya? Semoga uji coba tender berjalan lancar dan sukses. Kalau ada waktu silahkan berkunjung ke: OBYEKTIF.COM trims.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: